Kamis, 16 Juni 2011

Kini Ada Transmisi Otomatis 9-Speed, Lebih Irit BBM 19 Persen

Jerman - Evolusi teknologi transmisi mobil penumpang kini sudah mencapai pada tahap yang mengejutkan. Kalau selama ini transmisi 6-speed masih sangat diandalkan, kini sudah ada transmisi 9-speed, menawarkan efisiensi BBM sampai 19 persen.

Adalah ZF Friedrichshafen AG yang telah membuatnya. Dirancang untuk penggerak roda depan melintang, transmisi 9-speed ini menawarkan dua pilihan torsi, pertama sebesar 280 Nm dan satu lagi sebesar 480 Nm.

Menariknya, ini barulah sebuah konstruksi transmisi dasar, sehingga untuk kondisi tertentu, kedepannya bisa dipadankan tidak hanya penggerak roda depan, tapi juga All Wheel Drive, dengan biaya instalasi yang terbilang rendah.

Dengan rapatnya tiap-tiap perpindahan gigi, tidak hanya menawarkan efisiensi bahan bakar karena mesin selalu bergerak pada putaran yang ideal, tapi juga kenyamanan berkendara karena minimnya hentakan akibat perpindahan gigi.

Sehingga, kalau transmisi 6 speed, pada kecepatan maksimal putaran mesin mobil bisa mencapai 2.600 RPM, maka transmisi otomatis 9 speed ini bisa memangkas putaran mesin menjadi hanya 1.900 RPM di kecepatan yang sama.

ZF telah melengkapi transmisi 9 speed ini dengan empat gearset dan enam elemen pergeseran, yang dimensinya dibuat sekompak mungkin, mengingat terbatasnya ruang pada penggerak roda depan melintang.

Transmisi yang dijuluki 9Hp ini juga memiliki sensor-sensor canggih yang bisa beradaptasi dengan karakter pengemudi. Sehingga strategi mengemudi yang efisien bisa tercipta untuk memastikan gigi optimal yang dipilih untuk setiap situasi, tanpa disadari oleh pengemudi! (mobil.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.