Selasa, 07 Desember 2010

Menyambut 1 Muharram 1432 Hijriyah

Tahun Baru Hijriyah adlh suatu kultur umat Islam yg dilaksanakan setiap tanggal 1 Muharram, bulan pertama dlm kalender Islam.

Tahun Baru Hijriyah yg ditandai dan hijrahnya Rasulullah SAW dari kota Mekkah yg banyak didiami kaum Quraish ke kota Madinah. Kaum Quraish di kota Mekkah pada saat itu sangat menentang ajaran yg dibawa oleh Rasulullah SAW yaitu Islam.

Penentangan keras yg dilakukan oleh kaum Quraish yg cenderung menggunakan kekerasan membuat Rasulullah SAW mengambil keputusan untuk hijarah ke kota Madinah dimana penduduk Madinah lebih toleran terhadap kehadiran Rasulullah SAW dan ajaran Islam.
Di kota Madinah inilah Rasulullah melakukan syiar Islam dan berkembang dgn pesatnya (yang nantinya Madinah menjadi pusat kegiatan Islam di tanah Arab).

Setiap Tahun Baru Hijriyah didahului oleh dua peristiwa penting, yaitu satu Syawal sebagai akhir puasa (Idul Fitri) dan 10 Zulhijah pelaksanaan ibadah haji (Idul Adha). Baik Idul Fitri maupun Idul Adha kalau diamati lebih dlm, memiliki makna dan hubungan yg erat dgn satu Muharam.

Setelah keduanya dpt ditaklukkan, berarti kita sudah siap hijrah ke tahun berikutnya. Dengan demikian, ketika menyambut satu Muharam, kita memulai kegiatan dgn bekal yg matang, program yg jelas, dan penuh dgn rasa percaya diri.

Sungguh maha bijak Tuhan yg mengatur urutan-urutan itu, yakni perintah haji setelah puasa dan Hijrah setelah puasa dan haji. Namun, maknanya, tentu lebih berbahagia orang2 yg membekali dirinya dgn kebijakan tersebut, yaitu pengendalian nafsu dan tahan akan godaan setan.


** SELAMAT TAHUN BARU HIJRIAH 1 MUHARRAM 1432 H **

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.