Selasa, 17 Januari 2012

Deteksi Dini EFI (Motor Honda)

Saat kerjaan mendesak, persiapan malam hari sudah oke semua, tiba-tiba pagi hari waktu mau berangkat motor ngadat. Mesin sih hidup, namun pada Rpm tertentu mesin mbrebet, seperti tidak bertenaga. Padahal motor menggunakan mesin yang canggih (EFI). Nah untuk pengguna EFI, apa yang musti dilakukan. Pertama kali pasti kita lihat isi bensin, masih apa tidak. Untuk system EFI sebaiknya jangan membiarkan tangki bahan bakar sampai tipis, karena bensin tipis berarti akan memaksa pompa bahan bakar untuk bekerja lebih ekstra. Hasil akhirnya, pompa bensin panas dan cenderung berumur pendek. Jika bensin oke, lihat lampu orange (indicator di dashboard) apakah berkedip atau tidak. Jika berkedip liat kedipannya, untuk setiap jumlah kedipan memiliki arti. Jumlah Kedipan Sumber Trouble 1 MAP (Manifold Absolute Pressure) 7 ECT (Engine Coolant Temperature) sensor 8 TP (Throttle Position) Sensor 12 Injektor 21 O2 Sensor 29 IACV (Idle Control Valve) Sensor 54 Bang Angle Sensor Untuk membaca jumlah kedipan satu digit tidak masalah, karena cukup dihitung jumlah kedipan pendeknya. Nah, jika kode dua digit akan disimbolkan kedipapan panjang sebagai digit pertama, dan kedipan pendek sebagai digit kedua. Missal, yang rusak 02 sensor = dua kali kedipan panjang dan sati kali kedipan pendek. Hal ini berlaku untuk sepeda motor dengan Merk Honda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.