Rabu, 11 Januari 2012

Teknologi Duralife Engine, Rahasia TVS Berani Garansi 5 Tahun

Pabrikan sepeda motor India, TVS yakin akan kualitas produknya. Bahkan garansi yang diberikan untuk konsumen adalah 5 tahun, bukan 3 tahun. "Kita punya teknologi Duralife Engine. Teknologi ini membuat mesin lebih awet, hemat bahan bakar dan tetap bertenaga," bangga Darmadi Tjuatja, Chief Operating Officer PT TVS Motor Company Indonesia (TVS-MCI). Pada TVS Neo dan RockZ, Duralife Engine ini terdiri dari empat teknologi, yaitu yang pertama adalah roller follower atau pada motor Jepang biasa disebut dengan roller rocker arm. Pelatuk klep ini sudah di lengkapi dengan roller untuk mengurangi gesekan dengan noken as. Semua yang menggunakan teknologi ini pasti mengaku mesin akan hemat bahan bakar dan lebih bertenaga. Begitu juga dengan TVS. Lanjut ke teknologi berikutnya adalah low friction piston ring. TVS bermain dengan ketebalan ring piston untuk menciptakan gesekan yang semakin kecil. "Ketebalan ring piston kita hanya 0,8 mm dan ring oli-nya 1,5 mm. Umumnya ring piston tebalnya 1 mm dan ring oli mencapai 2 mm. Selain lebih ringan juga gesekan dapat tereduksi," jelas Ades Fajarudin, Training Cordinator, PT TVS-MCI. Tapi, jadi muncul pertanyan, apakah ring piston setipis ini kuat menahan kompresi? "Tentu saja kuat karena materialnya sudah kami perhitungkan. Selain itu sirkulasi oli pada mesin ini juga sangat baik, kami menyebutnya low friction advance lub circuit," lanjutnya. Lebih jauh pria ramah ini menjelaskan bahwa pada sirkuit pelumasan ini, ada satu saluran yang menyemprotkan oli ke dinding silinder bagian bawah, semprotan ini menjaga agar ruang bakar tetap dingin. "Umumnya bagian dinding silinder hanya dipercikan oli lewat gerakan kruk as. Tapi kita ada dua, dari kruk as dan dari saluran tadi. Kita juga punya pompa oli dengan tekanan cukup besar, mencapai 5 liter / menit pada 8000 rpm," yakinnya. Dan yang terakhir adalah lapisan teflon pada tensoiner rantai mesin. Teflon ini akan mengurangi gesekan antara tensioner dan rantai mesin itu sendiri. Hasilnya dua komponen ini bakal lebih awet dan diyakini bisa bikin hemat bahan bakar. Sedang pada TVS Tormax 150, Duralife Engine disempurnakan dengan kehadiran radiator. Water jacket pada TVS Tormax bukan hanya terdapat di kepala silinder tapi sampai ke dinding silinder blok. Lebih adem deh! (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.