Selasa, 17 Januari 2012

Perawatan Injeksi Motor (for User)

Kendaraan Roda dua di Indonesia telah siap untuk menyambut Euro 3 yang akan diterapkan oleh pemerintah. Beberapa produsen (saat ini Honda dan Yamaha) bahkan telah siap untuk menggunakan sisten EFI untuk semua produk sepeda motornya. EFI sebenarnya bukan teknoligi yang baru, beberapa tahun yang lalu kendaraan roda empat telah menggunakannya. Namun untuk melakukan perawatan rutin, banyak pengguna sepeda motor yang masih awam dengan Injeksi. Sebenarnya sistem injeksi akan mempermudah kita untuk melakukan perawatan, karena kita tidak harus memeriksa kondisi komponen mesin, namun sensor yang aka mealkukan untuk kita. Berikut ini merupakan hal kecil yang bisa dilakukan untuk motor injeksi anda : 1. Aki Aki merupakan komponen penunjang utama / sumber energy ECU (electronic control unit). Jika Aki tidak fit, maka kinerja ECU tidak akan maksimal. Ada tegangan minimum untuk Aki supaya mesin bekerja optimal (hal ini bias dilihat di buku manual kendaraan) 2. Saringan Udara Selalu cek saringan udara, jika kotoran menumpuk segera bersihkan agar pasokan udara tidak terhambat. 3. Injektor Cleaner Bersihkan injector dengan cairan khusus. Piranti ini sudah mulai tersedia dipasaran, baik yang di masukkan lewat bahan bakar, maupun lewat filter udara. 4. Cek indikator mesin Usahakan untuk mengecek engine indicator pada dashboard kendaraan. Biasanya tiap mesin mau dihidupkan, ada lampu peringatan yang menyala jika ada masalah mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.