Rabu, 12 Januari 2011

KEKUATAN CINTA SUFI

"Tuhan mengubah dirimu dari satu perasaan -ke- perasaan lain dan mengajarimu dengan makna makna dalam kebalikannya, agar kamu memiliki dua sayap untuk terbang, tidak satu sayap" (Rumi).

"Let the beauty of what you love be what you do."(Rumi)
Jadikan keindahan apa yang kamu cintai menjadi Apa yang kamu lakukan.

Catatan:
Jadikan kekuatan dari cinta yang menguasaimu hatimu, sebuah energi, yang menjadikan apa yang kamu lakukan dan semua aspek kehidupanmu indah seperti keindahan yang kamu cintai.

"Silence is an ocean. Speech is a river."(Rumi)
Diam adalah sebuah samudra. Bicara adalah sebuah sungai

“Barang siapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhirat, maka hendaklah ia berkata baik atau diam. Dan barang siapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya. Dan barang siapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhirat hendaklah ia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhori dan Muslim| dari Abu Hurairah Ra)

Catatan:
Menjaga lisan bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan berkata baik atau kalau tidak mampu maka diam. Dengan demikian diam kedudukannya lebih rendah dari pada berkata baik, namun masih lebih baik dibandingkan dengan berkata yang tidak baik.
“Silence is the language of God, all else is poor translation.” (Rumi)
Diam adalah Bahasa Tuhan, selain itu adalah penerjemahan yang buruk.

"The breeze at dawn has secrets to tell you; Don't go back to sleep. You must ask for what you really want; Don't go back to sleep. People are going back and forth across the doorsill where the two worlds touch. The door is round and open. Don't go back to sleep."
Angin yang sepoi sepoi di waktu fajar punya rahasia rahasia yang ingin dia katakan padamu. Kamu harus meminta apa yang benar benar kamu inginkan; Jangan tidur lagi..

“Only from the heart can you touch the sky.” (Rumi)
Hanya dari hati kamu bisa menyentuh langit.


“Observe the wonders as they occur around you. Don't claim them. Feel the artistry moving through and be silent.” (Rumi)
Perhatikanlah keanehan keanehan yang terjadi disekitarmu. Jangan Mengklaim. Rasakan keindahan didalamnya dan diam.

“God turns you from one feeling to another and teaches by means of opposites, so that you will have two wings to fly, not one.” (Rumi)
Tuhan mengubah dirimu dari satu perasaan ke perasaan lain dan mengajarimu dengan makna makna kebalikannya, agar kamu memiliki dua sayap untuk terbang, tidak satu sayap.

“If you are irritated by every rub, how will you be polished?” (Rumi)
Jika kamu tersakiti oleh setiap gesekan, terus bagaimana lagi kamu akan bersinar ?

Catatan:
Sebuah batu berharga adalah yang bersinar, sinar itu bisa timbul setelah melalui penggosokan penggosokan yang tentunya menyakitkan.


"Everyone is so afraid of death, but the real sufis just laugh: nothing tyrannizes their hearts. What strikes the oyster shell does not damage the pearl."
Semua orang takut akan kematian, tapi sufi yang sebenarnya hanya tertawa; tidak ada ketakutan dihatinya. Pukulan apapun terhadap kulit kerang tidak akan merusak mutiaranya.

Catatan:
Cinta Sejati tidak akan mati dengan Kematian.
Jangan takut dengan kematian, kita hanya harus mempersiapkannya dengan management kematian.
Jangan hanya sibuk dengan management kehidupan yg sesaat.

"If in thirst you drink water from a cup, you see God in it. Those who are not in love with God will see only their own faces in it." (Rumi)
Jika saat kamu haus kamu minum air dari sebuah gelas, kamu lihat Tuhan didalamnya. Mereka yang tidak jatuh cinta sama Tuhan hanya akan melihat wajah mereka dalam gelas tersebut.

Catatan:
Tuhan dalam gelas adalah makna kiasan,
Artinya jika seseorang mencintai Tuhannya, tentu dia akan BERSYUKUR sebelum tergesa meminumnya; karena segelas air dan keseluruhan kehidupan ini dari Tuhan; Allah azza wajjala.

Since in order to speak, one must first listen, learn to speak by listening (Rumi).
Sebelum bicara, seseorang harus mendengarkan, lalu belajar berbicara dengan mendengarkan

Be grateful for whoever comes, because each has been sent as a guide from beyond. (Rumi)
Berterimakasihlah kepada siapa saja yang datang dikehidupanmu, karena setiap dari mereka telah dikirim untuk menjadi petunjuk jalanannmu.

Catatan:
Pada dasarnya, segala hal dikehidupan ini ada dalam kendali perencanaan Nya yang sempurna.
Mungkin setiap pribadi yang menghampiri dan terlibat dalam kehidupanmu adalah kiriman dari Allah..
Maka berterimakasihlah, bersyukurlah..
Jangan merasa terganggu atau tiba tiba berburuk sangka :)

When you do things from your soul, you feel a river moving in you, a joy (Rumi).
Ketika kamu melakukan sesuatu dari jiwamu, kamu akan merasakan sungai mengalir dalam dirimu, kebahagiaan.

In this world you never stand by your own strength; It is the Invisible that sustains you every moment. (Sa'adi)
Di dunia ini kamu tak akan pernah bisa berdiri dengan kekuatanmu sendiri; Ada hal ghaib yang menopangmu dalam setiap saatmu.



"Jika kata kata yang kamu katakan itu keluar dari hatimu, dia akan terdengar dan memasuki hati hati sesiapa yang mendengarnya. tapi jika kata itu hanya keluar dari lidah, dia hanya akan melewati dua telinga dan tidak memasuki hati sesiapapun".

(Al-Suhrawardi)

Catatan:
Menulislah, berdakwahlah, dan berprilakulah...sesuai hatimu, dan kamu akan didengar dan tidak akan pernah tersesat.

***

"Apa yang telah terjadi, relakanlah untuk terjadi. Apa yang harus kamu kerjakan untuk dirimu - kerjakanlah - dan yakinkan kamu mengerjakannya". (Khawwas)

***

Jika aku mencintai Mu karena ketakutanku atas neraka, maka bakarlah aku dineraka!
Jika aku mencintai Mu karena indah surga Mu, maka kuncilah surga itu!
Tapi jika aku mencintai Mu karena Mu semata, Jangan tolak aku atas keindahan Mu yang abadi.

(Rabiyatul Adawiyah)



Apapun yang kita perhatikan di seluruh dunia ini cendrung fokus kepada sesuatu yang kita fikirkan, seorang copet ketika melihat orang suci sekalipun, matanya tertuju ke arah sakunya.

(Robert Frager)

Catatan:
Ubahlah fokus dalam hatimu, kemasa depan. Jangan melirik lalu terlarut dimasa lalu, karena itu hanya akan menghalangi langkahmu dan membuyarkan fokus dihatimu.

"BERDO'A LAH UNTUK YANG KAMU INGINKAN, DAN BEKERJALAH UNTUK APA YANG KAMU BUTUHKAN".

"Alasan tidak berlaku dalam bahasa Cinta!"

Pemikiran sufi diatas, diterjemahkan - dari bahasa ingris - secara bebas oleh saya sendiri. Mohon maaf atas ketidak sempurnaannya,

Thanks ya Allah..
Engkau telah meraihku kembali,.. dengan Cinta Mu, Cinta yang Sebenarnya Cinta. Saat hati ini mengeras, saat tidak ada seorangpun yang mempercayai, saat tembok itu menghimpit... Engkau masih disana, tersenyum dengan rahmat Mu. Ampuni aku Lagi... Tetapkan Aku bersama Mu - Aku ingin tetap bersama-Mu menjadi hamba-Mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.