Minggu, 06 Februari 2011

Manfaat Mejalin Persahabatan Dgn Anak

Pada dasarnya, manusia adlh makhluk yg tidak dpt hidup sendiri. Setiap individu membutuhkan teman utk dpt ‘berbagi’ dlm hidupnya. Pertemanan yg terjalin dgn akrab dpt mjd sebuah persahabatan yg sejati.
Hubungan persahabatan bukan hanya terjalin di kalangan anak2 atau org dewasa saja. Tetapi, dlm sebuah keluargapun hubungan persahabatan dapat terjadi. Bahkan, mungkin lebih ‘abadi’ apabila dibandingkan dgn persahabatan yg lainnya.

Bentuk persahabatan yg dilakukan oleh orangtua kpd anak dpt dikatakan sebagai persahabatan murni. Karena, hampir segala hal yg diberikan oleh orangtua kepada anak adalah tulus dan tanpa pamrih. Mereka selalu ingin membahagiakan anak dgn berusaha memberikan apa yg dibutuhkan olehnya.

Misalnya, di saat anak sedang merasa bimbang atau bingung dlm menjalani hidupnya, orangtua bersedia mendengarkan semua curahan isi hatinya, memberikan arahan, bimbingan, dan dukungan kepada anak dengan penuh kelembutan dan kasih sayang.
Dikala anak sdg merasa sedih dan resah karena kegagalan atau mendapatkan suatu kendala dalam hidupnya maka mereka akan berusaha menghibur dan memberikan solusi kepadanya.
Begitupun sebaliknya, apabila anak merasa senang karena sesuatu hal maka orangtuapun akan ikut merasakan hal yang sama dengan apa yg dirasakan oleh anak.

Menciptakan jalinan persahabatan yg erat antara orangtua dgn anak adalah tindakan yg sangat penting. Dengan demikian, anak akan terhindar dari informasi atau pertimbangan pihak lain yg mungkin saja dapat menjerumuskan dirinya.
Selain itu, persahabatan yg akrab antara orangtua dgn anak juga dpt mengubah anak mjd org yg bersikap lapang dada. Ia mau menerima nasehat, arahan, dan bimbingan dari orangtua yg menjadi teman karibnya itu.

Sebagai upaya untuk menjaga keutuhan persahabatan dengan anak maka penting bagi orangtua menciptakan suasana hubungan yang terbuka, jujur, dan saling percaya.
Dgn sikap seperti itu, jarak pemisah antara orangtua dgn anak akan hilang. Kepada orangtuanya anak akan merasa lebih terbuka dan bebas mengungkapkan segala hal yg terjadi pada diri dan perasaannya.

Semoga Bermanfaat ^_^

** S A L A M P E R S A H A B A T A N **

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.