Senin, 20 September 2010

Ferrari Enzo Terbaru Berteknologi Hibrida



MARANELLO, KOMPAS.com - Regulasi emisi gas buang yang semakin ketat di Eropa menjadi tantangan baru bagi produsen mobil sport. Salah satunya adalah Ferrari. Solusi yang ditempuh produsen mobil sport tersebut, menyodorkan teknologi hibrida.

Setelah Ferrari California "dihijaukan" di Paris Motor Show 2010, berikutnya giliran generasi terbaru Enzo yang akan ditanam dengan teknologi ramah lingkungan. Hal tersebut diungkapkan langsung bos pabrikan Kuda Jingkrak, Luca di Montezemolo kepada Autoweek.

Luca Montezemolo mengatakan, Enzo akan tetap mendapatkan performa terbaiknya, sekaligus konsumsi bahan bakar yang lebih irit dengan teknologi baru tersebut. Model terbaru Enzo diperkirakan hadir pada 2012.

"Mobil ini akan membawa semua keunggulan terbaik kami untuk menghasilkan performa terhebat, sekaligus dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi. Teknologi ini akan digunakan pada semua Ferrari nantinya," tegas Luca.

Prototipe Ferrari HY-KERS Hybrid Concept yang hadir di Geneva Motor Show awal tahun ini bisa menjadi gambaran teknologi hibrida yang akan digunakan pada Enzo. Motor listrik berbobot kurang dari 100kg mampu “mem-“boost” tenaga di atas 100PS.

Kinetic Energy Recovery System (KERS) dipastikan menjadi otak teknologi Ferrari hibrida. Dengan menyimpan energi yang ditimbulkan saat pengereman, KERS mengubahnya menjadi energi listrik dan disimpan pada baterai lithium-ion. Selanjutnya digunakan untuk menggerakkan motor listrik dan memacu mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.