Rabu, 29 September 2010

Takut Dituduh Muslim, Obama Semakin Perlihatkan Kekristenannya

eramuslim.com

Keluarga Obama dalam perjalanan mereka ke gereja pada hari Minggu untuk pertama kalinya dalam lima bulan.


Presiden Barack Obama semakin memperlihatkan keKristenannya di depan publik. Pertama dia mengangkat iman Kristennya di sebuah konferensi pers Gedung Putih bulan ini. Kemudian ia pergi gereja untuk pertama kalinya dalam lima bulan terakhir. Dan pada hari Selasa kemarin (28/9) ia menjawab pertanyaan dengan luas yang berbicara tentang bagaimana ia memilih Kristen, bagaimana Yesus Kristus mempengaruhi hidupnya dan bagaimana ia berdoa setiap hari.


Penampilan di depan publik terkait soal agamanya ini menandai perubahan dari tahun pertama dan setengah masa kepresidenannya, ketika persoalan keyakinan agamanya menjadi masalah di sebagian besar persoalan pribadinya - dan hal itu semakin memanas setelah adanya jajak pendapat yang mendapatkan bahwa semakin banyak orang Amerika yang berpikir dirinya seorang Muslim, atau tidak mengetahui agamanya.


"Dia tampaknya berbicara tentang agamanya lebih banyak," kata John Green, seorang ilmuwan politik di University of Akron dan seorang rekan senior di Pew Forum on Religion and Public Life. "Itu Berbeda dengan 18 bulan sebelumnya di mana ia tidak berbicara tentang hal itu sama sekali."


"Tindakan Obama kali ini secara demonstratif memperlihatkan keimanan kristennya karena sebelumnya dia tidak pernah terang-terangan berbicara soal agama," kata Dennis Goldford, seorang ilmuwan politik di Universitas Drake di Iowa. Obama telah menjadi seorang pria tanpa sebuah gereja sejak dia mengundurkan diri dari Trinity United Church of Christ di Chicago pada tahun 2008.

Keanggotaan Obama di gereja tersebut yang telah menjadi politik yang memalukan setelah video terungkap yang menunjukkan khotbah ras inflamasi dan anti-Amerika oleh pendeta dan sahabat Obama Rev Jeremiah Wright.


Obama menolak untuk bergabung dengan sebuah gereja di Washington, dan jarang menghadiri pelayanan, dengan mengatakan ia tidak ingin mengganggu jemaat. Dia tidak berkonsultasi dengan pendeta dan pengkhotbah secara pribadi, tetapi menghindar dari diskusi publik soal imannya - setidaknya sampai sekarang. Sikap diamnya itu tampaknya telah berubah sejak sebuah jajak pendapat Pew forum dirilis pada bulan Agustus lalu yang menemukan 18 persen orang Amerika mengatakan bahwa Obama adalah seorang Muslim, naik tajam dari 11 persen pada Maret 2009.


Pada saat yang sama, jajaran orang Amerika yang mengatakan, bahwa Obama seorang Kristen turun dari 48 persen menjadi 34 persen, dan jumlah yang tidak tahu agama presiden mereka meningkat dari 34 persen menjadi 43 persen. Ajudan Gedung Putih mengatakan tidak ada strategi yang disengaja untuk melawan kesan bahwa Obama adalah seorang Muslim.


Selama konferensi pers pada 10 September lalu di Gedung Putih, Obama mengangkat iman kristennya sendiri ketika berbicara tentang sentimen anti-Muslim di negara itu. "Sebagai seseorang yang sangat bergantung pada iman Kristen dalam pekerjaan saya," katanya, "Saya mengerti adanya usaha yang dapat meningkatkan keyakinan agama."


Pada 19 September, Obama dan keluarga secara mencolok berjalan kaki ke gereja St John Episkopal di seberang Gedung Putih, yang merupakan kunjungan pertamanya ke gereja sejak awal April. Selasa kemarin ia memberikan penjelasan yang rumit tentang iman kristennya di sebuah acara di New Mexico. "Saya seorang Kristen karena pilihan," katanya kepada seorang wanita yang bertanya mengapa dia menjadi seorang Kristen. "Ibuku adalah salah satu orang yang paling relijius yang aku tahu, tapi dia tidak mengangkat nama saya di gereja.


"Jadi saya datang ke iman Kristen saya di kemudian hari dan itu karena ajaran Yesus Kristus berbicara kepada saya dalam hal jenis kehidupan yang saya ingin pimpin - menjadi penjaga saudara seiman saya dengan memperlakukan orang lain dengan baik karena mereka akan memperlakukan saya begitu juga. " Ia mengakui bahwa Amerika Serikat adalah negara yang didominasi Kristen, namun dirinya menghormati adanya keragaman agama.(fq/mcclatchydc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.