Senin, 20 September 2010

Senjata Terbaru Corolla Altis, DVVT-i & Super CVT-i

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - New Corolla Altis sudah diperkenalkan Toyota di Indonesia saat pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, 23 Juli lalu. Saat itu hanya dijelaskan, model ini menggunakan teknologi terbaru, yaitu Double Variable Valve Timing-intelligent (DVVT-i) dan transmisi Continuously Variable Transmission-intelligent (CVT-i) atau disebut Toyota dengan Super CVT.

Ternyata, perubahan lebih lengkap baru diketahui, saat Toyota Motor Asia Pacific Singapura, pada 1 September kemarin mengundang wartawan otomotif dari negara-negara ASEAN untuk mencobanya di Sirkuit, Sepang, Malaysia dalam event “The New Corolla Altis Test Drive Experience 2010”.

Keuntungan mesin dengan teknologi baru ini langsung dijelaskan oleh Chief Engineer Corolla dari Jepang, Michihiko Sato kepada wartawan dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura dan Vietnam. Dari Indonesia, Toyota mengundang 7 media, yaitu KOMPAS.com, Harian KOMPAS, Bisnis Indonesia, Antara, Tabloid Otomotif, Autobild dan Autocar.

Lebih Besar
Menurut Michihiko Sato, performa mesin sekarang ini meningkat, baik tenaga, torsi maupun konsumsi bahan bakar. Sebagai contoh, untuk Altis 2.0 liter, tenaganya mesin naik dari 104 kW menjadi 107 kW, namun diperoleh pada putaran lebih tinggi. Untuk torsi, turun dari 189 Nm menjadi 187 Nm namun diperoleh pada putaran lebih rendah. Tujuannya, selain meningkatkan akselerasi, juga agar konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit.

Berdasarkan hasil pegujian Toyota, konsumsi bahan bakar semula 12,8 km/liter, kini menjadi 14,7 km/liter atau lebih irit 15 persen. Untuk mesin 1.8 liter terjadi peningkatkan tenaga dan torsi yang lebih besar (lengkapnya lihat tabel).
Sebenarnya, selain mesin 2.0 liter dan 1.8 liter, Toyota juga memasarkan Altis dengan mesin 1.6 liter di Thailand dan Malaysia.

Perbandingan
Sato tidak hanya menjelaskan kelebihan DVVT-i yang diombinasikan dengan teknologi transmisi Super CVT-i otomotis juga memberi kesempatan menguji akselerasi, penggereman, perpindahan gigi, stabilitas dan kenyamanan mobil ini. Di samping itu membandingkan dengan Altis lama, baik 2.0 liter (bukan CVT) maupun 1.8 liter yang telah dilengkapi dengan DVVT-i dan Super CVT-i.


Dijelaskan pula, tujuan untuk menggunakan CVT, agar Corolla Altis memberikan kenyamanan lebih baik sebagai mobil yang digunakan setiap hari. Di samping itu, tentu saja membuat mobil ini menjadi lebih irit. Maklum perpindahan gigi CVT berlangsung stepless atau progresif.
Perbandingan spesikasi Corolla Altis Lama vs Baru
Model Lama Baru Lama Baru
2.0 liter 1,8 liter
Tipe mesin 3ZER-FE 3ZER-FE ACIS 1ZZ-FE 3ZR-FE ACIS
Kontrol mesin Dual VVT-i Dual VVT-i VVT-i Dual VVT-i
Transmisi 4A/T CVT-7 percepatan 4A/T atau
Manual 5 speed CVT atau
Manual 6-speed
Tenaga maks kW @rpm 104 @5.600 107 @6.200 97 @6.000 103 @6.400

Torsi maks Nm @rpm
189 @4.400 187@3.600 170 @4.200 173 @4.00

ACIS: Acoustic Control Induction System

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.