Rabu, 29 September 2010

(Karena memandang wanita dengan Nafsu)

Dalam kisah Jawahirul Bukhari menerangkan bahwa Hasan Basri ( maaf , tidak ada kaitannya dengan salah satu nama anggota rantau-net) sewaktu mudanya adalah seorang yang sangat tampan. Hasan Basri sangat suka memakai pakaian yang bagus bagus dan suka berjalan jalan di sekitar kota Basrah . Pada suatu hari ketika Hasan Basri sedang berjalan jalan , maka dia melihat seorang waniat yang sangat cantik dan sangat menarik perhatiannya , lalu Hasan Basri mengikuti dari belakang gadis itu .

Wanita itu merasa bahwa ada orang yang membuntutinya , maka diapun menoleh kebelakang dan ternyata benar , lalu wanita cantik itu berkata " wahai orang muda , apakah kamu tidak malu ? mendengar perkataan wanita itu Hassan Basri lansung berkata , kepada siapa aku harus malu ?" lalu wanita itu berkata , malulah Allah SWT yang maha mengetahui mata yang berkhianat dan mengetahui apa saja yang ada dalam hati " Hasan Basri makin tertarik kepada wanita tersebut dan timbullah rasa cinta dalam hatinya Hassan Basri tidak dapat menahan nafsunya , lalu dia tetap saja mengikuti wanita tersebut dari belakang .

Melihat orang tersebut menguntitnya , wanita cantik itu berkata lagi " Mengapa kamu terus mengikutiku " Hasan Basri berkata , sebenarnya aku tepesona dengan matamu yang cantik itu ` . Begitu wanita itu mendengar jawaban orang itu maka iapun berkata "Baiklah karena kamu cinta sekali dengan mataku ` maka aku harap tunggulah disini , sebentar aku akan berikan apa yang kamu inginkan " Setelah berkata demikian , maka wanita itu pergi , sedang Hasan Basri duduk dan menunggunya . Dalam hatinya berkata " nampaknya ia telah menerima cintaku " Tidak berapa lama kemudian datanglah seorang pembantu menghampiri Hasan Basri seraya menyerahkan sebuah kotak yang tertutup rapat .

Lalu Hassan Basri membuka kotak tersebut ,. Betapa kagetnya Hassan Basri dan langsung terperanjat melihat isi kotak tersebut ternyata sepasang biji mata . "Tuan putriku berkata dia tidak memerlukan mata yang menyebabkan terpesonanya seseorang seperti tuan". Gemetarlah seluruh tubuh Hasan Basri dan berdiri bulu romanya saat mendengar kata kata pembantu itu lalu iapun memegang jantungnya dan berkata kepada dirinya sendiri " Celaka betul kamu ini , sudah berjenggot tapi tak punya rasa malu "

Setelah Hassan Basri menyadari kesalahannya itu , maka diapun pulang kerumah dan menangis semalaman karena menyesali segala perbuatannya itu . Keesokan hari Hassan Basri pergi kerumah wanita itu untuk minta maaf ,agar wanita itu bersedia memaafkan kesalahan yang telah dia lakukan . Begitu dia sampai dirumah wanita itu didengarnya suara wanita bertangisan , dan dia bertanya apa yang terjadi ? dan diberitahukan bahwa ada yang meninggal karena mencongkel kedua matanya . Hasan Basri kembali kerumah dan menagis selama tiga hari hari tiga malam dan menyesali segala perbuatannya , serta bertaubat kepada Allah untuk tidak lagi menjadi lelaki yang tidak sopan .

Pada malam yang ke tiga Hasan Basri bermimpi ketemu dengan wanita tersebut , dan wanita telah berada di sorga . Lalu Hasan Basri berkata " Wahai wanita cantik jelita , maafkan kesalahanku terhadapmu . Wanita itu berkata "Sebetulnya aku telah memaffkan kamu sejak dulu dan aku telah mendapatkan kebaikan yang banyak dari Allah SWT disebabkan kamu " Setelah Hasan Basri mendengar pengakuan dari wanita itu . Hassan Basri memohon agar berikan nasehat yang baik " Dengarlah nasihatku ini : Apabila kamu sendirian hendaklah kamu berzikir kepada Allah SWT setiap pagi dan petang, mohon ampun dan bertaubatlah kepadanya .

Akhirnya Hasan Basri melaksankan segala nasehat wanita itu , sehingga ia termashur dengan ketaqwaannya dan ketaatannya kepada Allah serta mendapat derajat yang mulia disisi Allah serta menjadi wali kekasih Allah . Seorang wanita rela mencungkil matanya matanya disebakan hanya karena menjadi bahan fitnah , namun sekarang wanita berlomba-lomba memamerkan dan menunjukkan aurat mereka yabg seharusnya dijaga dan ditutup .

Wahai saudaraku tutuplah auratmu sebab yang akan melihat auratmu itu adalah mereka yang ingin merusakmu dan bukan yang hendak menjagamu . Apabila seseorang memandang dengan penuh nafsu , sesungguhnya pandangan itu disertai setan . Tidak akan rugi seorang wanita jika menutup auratnya melainkan dia akan mendapatkan pahala disisi Allah SWT , insyaalah ia akan selamat dari segala macam fitnah.( * )

Kisah insan insan bertaubat oleh Kasmuri Selamat MA , penerbit Lintas Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.