Senin, 20 September 2010

Peringkat Toyota Melorot

NEW YORK, KOMPAS.com — Posisi Toyota melorot ke posisi 11 dari sebelumnya kedelapan, dari 100 merek dagang dengan peringkat terbaik dunia, berdasarkan survei lembaga penelitian Interbrand, New York. Kendati demikian, untuk otomotif, Toyota tetap teratas di antara produsen global lain.

Tepat di belakang Toyota, duo Jerman Mercedes-Benz dan BMW yang berhasil mempertahankan posisi masing-masing pada posisi 12 dan 15. Sementara Ford, sebagai wakil dari Amerika Serikat, melorot satu peringkat ke urutan 50 dan Volkwagen 53 (naik dari 55).

Penyebab turunnya peringkat Toyota, menurut Interbrand, adalah recall terhadap lebih dari 10 juta unit yang terjadi akhir tahun dan awal 2010 ini. "Tapi, dengan reputasi sebelumnya, keandalan, efisiensi, dan inovasi, mampu menjaga citra Toyota tetap di peringkat atas di antara merek dagang top dunia," jelas Interbrand.

Para eksekutif Toyota telah menggambarkan bahwa awal tahun ini perusahaan mobil terbesar dunia itu menghadapi masalah yang paling berat.

"Pada tahun yang sulit, Mercedes-Benz dan BMW menjadi merek (otomotif) yang berhasil mempertahankan posisinya mengandalkan inovasi, desain, dan menawarkan nilai premiumnya," jelas lembaga tersebut.

Lima merek otomotif lain yang berhasil masuk dalam 100 peringkat terbaik dunia adalah Audi 63 (naik dari 65), Hyundai 65 (dari 69), Porsche 72 (dari 74), Ferrari 91 (dari 88), dan Harley-Davidson 98 (dari 73).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.