Rabu, 14 Juli 2010

Mobil Hidrogen Berbentuk Sepatu Roda

Sebagian orang Inggris lagi deman mobil sel bahan bakar atau hidrogen. Mobil itu terutama untuk digunakan di dalam kota. Maklum, polusi kota-kota besar kian parah. Salah satu kota di Inggris yang juga memperkenalkan mobil hidrogen hasil kreasi warganya adalah Leicester. Mobil hidrogen yang diperkenalkan ini cukup menarik. Bentuknya seperti sepatu roda alias rollerskate.

Mobil ini dibuat oleh sebuah Riversimpel, sebuah perusahaan di kota tersebut yang mengkhususkan diri untuk merancang dan membuat kendaraan ramah lingkungan. Kendati tidak memberikan detail dimensi, perusahaan tersebut merilis informasi mengenai performa mobil tersebut.

Mobil yang bisa ditumpangi dua orang ini (termasuk pengemudi) bisa melaju pada kecepatan maksimum 80 km/jam. Sekali isi tangki, mobil hidrogen ini dapat dipakai menempuh perjalanan sejauh 360 km.

Bodinya dibuat dari bahan komposit yang ringan sehingga bobot mobil hanya 350 kg. Dengan ini pula, konsumsi bahan bakar—diseterakan dengan bensin—mencapai 78 km/liter. Tak kalah menarik, gas yang keluar dari knalpot bukannlah gas karbon, melainkan tetesan air. Hebatnya lagi, energi yang digunakan bisa diperbarui dan kita tak perlu khawatir dengan gonjang-ganjing harga minyak dunia.

Untuk menarik masyarakat, Dewan Kota Leicester pun menyewakan mobil ini. Sewanya, jika dikurs, sekitar Rp 2,7 juta per bulan. Keuntungan yang diperoleh penyewa, ya... biaya bahan bakar yang super irit!

Sebagai informasi, dalam proyek pertama antara Dewan Kota Leicester dan Riversimpel, sebanyak 5.000 mobil akan dibuat. Mobil itu pun saat ini sedang dites, terutama untuk penggunaan di daerah permukiman. Proyek yang diharapkan sudah bisa dijalankan pada 2012 ini juga bekerjasama dengan Universitas Leicester dan Universtas De Montfort untuk menentukan lokasi stasiun pengisian hidrogen.

Prototipe mobil ini secara khusus akan diperlihatkan di sirkuit Silverstone. Ia ternyata juga sudah diperkenalkan pada 10 Juni lalu di De Montfort Hall Leicester.

sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2010/06/21/17341762/Mobil.Hidrogen.Berbentuk.Sepatu.Roda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.