Selasa, 27 Juli 2010

Sudut Pandang yang Berbeda

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Sahabat, ada sebuah cerita yang mungkin sahabat sudah sering dengar/baca sebelumnya. Tapi saya mau mengingatkan kembali, semoga bisa dipetik hikmahnya.

Ceritanya, ada tiga orang buta yang seumur hidup mereka belum tau bagaimana bentuk binatang yang disebut Gajah. Pada suatu hari, ada orang yang berbaik hati mengajak mereka ke kebun binatang agar mereka tau bagaimana bentuk seekor gajah.

Sesampainya dikebun binatang, mereka berkesempatan mengenal bentuk gajah yang ada disana. Namun mereka diberi izin mendekat sebentar saja, dan secara bergantian. Dengan gembiranya, sibuta yang pertama yang badannya paling tinggi diantara temannya. Mendekati gajah secara perlahan dan arah langkahnya menuju kepala sigajah. Ia mengulurkan tangannya dan tersentuhlah olehnya telinga sang gajah. Ia memegang sambil meraba telinga gajah tersebut, namun hanya sebentar, karena ia harus bergantian dengan temannya yang lain.

Kemudian, sibuta yang kedua yang berbadan paling kecil mendekati gajah kearah kakinya, dan ia memegang dan meraba kaki gajah itu, namun tidak lama, iapun harus mundur. Dan tibalah giliran sibuta yang ketiga, dan ia mendekat kearah belakang gajah, hingga ia memegang ekor gajah.

Setelah perkenalan mereka yang singkat dengan bentuk gajah tersebut, merekapun menyampaikan pendapat tentang bentuk seekor gajah. Sibuta yang pertama berkata, “Rupanya begitu ya bentuk gajah, dia lebar seperti kipas.”
Namun sibuta yang kedua membantahnya, “Gajah itu bentuknya lurus, besar, dan agak tinggi, bukan lebar seperti kipas.”
Lalu sibuta yang ke tiga pun menyela, “Kalian ini bagaimana sih, bentuk gajah itu panjang seperti ular. Bukan seperti yang kalian bilang.”Dan akhirnya mereka pun berdebat mengenai bentuk gajah dan masing-masing mempertahankan pendapat.

=============000==============

Sahabat…..
Cerita diatas sebenarnya adalah cermin bagi kita, ketika melihat sebuah persoalan. Terkadang kita berselisih faham, berbeda pendapat, berlainan persepsi atau apapun namanya, padahal seringkali perbedaan itu timbul karena kita melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Selengkapnya baca di http://www.facebook.com/note.php?created&&suggest¬e_id=423611273969

Semoga bermanfaat..

salam persahabatan ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.