Jumat, 02 Juli 2010

Tahanan Misterius 'Mr X' di Penjara Israel

VIVAnews - Misteri sedang melingkupi warga Israel yang sedang menebak-nebak identitas seorang tahanan misterius yang dirahasiakan -- bahkan penjaga pun tak tahu siapa namanya. Sebut saja dia, 'Mr X'.

Yang sukar dipahami, 'Mr X' ditahan untuk kejahatan yang tidak ditentukan dan diasingkan total di sayap khusus di penjara maximum-security, Ayalon.

Keberadaan 'MR X' nyaris tak terkuak untuk selamanya jika kisahnya tidak muncul dalam laman surat kabar berbahasa Ibrani, Yediot Ahronot.

Seorang petugas penjara anonim mengatakan, 'Mr X' ditempatkan di Unit 15, sebuah sayap penjara Ayalon yang hanya berisi satu sel.

Narapidana yang ditahan dalam penjara superketat itu tidak boleh menerima kunjungan dari siapapun. Interaksinya dengan tahanan lain juga diputus. Sebuah pintu besi ganda memisahkannya dari napi yang lain.

Kondisi ruang tahanan yang kedap suara membuatnya tak bisa melihat tahanan lain. Demikian juga, eksistensinya tak disadari rekannya satu penjara.

"Dia hanya seseorang tanpa nama dan tanpa identitas yang telah ditempatkan dalam isolasi total dari dunia luar," kata seorang pejabat penjara, seperti dimuat laman Telegraph, 21 Juni 2010.

Sempat menghebohkan, cerita keberadaan 'Mr X' yang dikuak laman Yediot Ahronot lalu lenyap dalam beberapa jam. Hilangnya cerita itu diduga ulah intelijen yang mendapatkan perintah menghalangi skandal ini menyebar.

Meski demikian, upaya pemerintah Israel menutup-nutupi 'Mr X' sia-sia. Terkuaknya kisah ini telah mendorong aktivis hak asasi manusia memaksa Israel membuka siapa kedok 'Mr X' dan mengungkapkan apa kejahatan yang dia lakukan.

Kepala penasihat hukum dari Asosiasi untuk Hak-Hak Sipil di Israel, Dan Yakir, mengatakan siapa 'Mr X' harus dijelaskan.

"Tak bisa ditoleransi, di negara demokratis pemerintah bisa menangkap orang secara rahasia dan mengasingkannya tanpa memberi penjelasan pada publik," kata dia.

Selagi pers dibungkam dalam mengungkap identitas 'Mr X', seorang blogger berpengaruh Yahudi, Richard Silverstein menjadi ujung tombak memaksa pemerintah menguak siapa tahanan misterius itu.

Meski tak jelas siapa 'Mr X', namun diyakini dia adalah orang yang khusus. Apalagi, dia ditahan di sel khusus yang dibangun untuk Yigal Amir, ekstrimis Israel yang membunuh mantan perdana menteri, Yitzhak Rabin, pada tahun 1995. (mt)

http://dunia.vivanews.com/news/read/159297-tahanan-misterius--mr-x--di-penjara-israel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.