Rabu, 23 Juni 2010

Air-Bag Buat Pengendara Motor




ITALIA, KOMPAS.com - Buat penyuka turing jarak jauh dengan moge atau motor, Dainese, produsen pakaian balap dan juga perlengkapan turing motor memproduksi D-air system. Kalau di mobil kantung udara untuk menyelamatkan pengemudi dan penumpang (depan) saat terjadi kecelakaan.

Nah, bikinan Daenese ini pun fungsinya sama. Kalau di ajang MotoGP ia melindungi badan pebalap saat terjatuh. Jadi, semacam kantung udara juga yang dirancang Dainese (untuk balap makanya namanya D-air).

D-Air system ini untuk pertama kali dipakai pada balapan MotoGP di Valencia oleh Marco Simoncelli saat masih berlaha di kelas 250 cc. Boleh jadi, karya ini merupakan revolusioner kantung udara untuk roda dua.

Proyek yang menghabiskan waktu 10 tahun, mulai dari study sampai pengujian, dilakukan oleh Dainese Technology Center (D-Tec), departemen dari Dainesen yang bertugas melakukan riset dan pengembangan, termasuk D-air Racing system ini. Mereka telah bekerja sama dengan bagian Mechanical Engineering dari University of Padova, dengan tenaga konsultan dari divisi kontrolkualitas FIAT, TRW dan KTM Racing Team.

Sistem kerjanya tidak berhubungan dengan komponen motor. Jadi, benda tersebut seperti pelampung pesawat, dikenakan di leher. Bagian yang dilindungi, selain leher juga tulang selangka.

"Setelah dibuat untuk kepentingan balap, baik di sirkuit maupun versi jalan raya (Isle of Man), kini D-air juga ada untuk pengendara jalan raya," begitu pernyataan dari Dainese.

Penulis: SBT
Editor: bastian autoevolution Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.